Jumat, 07 Oktober 2016

Tugas 1 (Ringkasan Penulisan Ilmiah)

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA #

TUGAS 1
TULISAN MENGENAI RINGKASAN PENULISAN ILMIAH



NPM             : 55413951
NAMA           : MUHAMMAD HAMIM
KELAS          : 4IA08



TUGAS :
1.    Buatlah artikel pribadi mengenai ringkasan dari PI yang telah kamu buat (jelaskan judul PI, software dan metode yang digunakan, kelebihan dari aplikasi), lalu buatlah persiapan promosi agar aplikasi tersebut memenuhi salah satu jenis bisnis informatika seperti pada poin 2.




Penjelasan Judul PI
Judul penulisan ilmiah yang saya buat adalah “Pembuatan Website pada SMP XYZ Menggunakan PHP, MySQL, dan Twitter Bootstrap”.  Saya membuat sebuah website menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan framework CSS Bootstrap pada sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan untuk memberikan informasi SMP XYZ secara online, melihat data nilai siswa, dan membantu tugas guru dalam membuat rekapan nilai akhir siswa.

Penjelasan Software
Website yang saya buat menggunakan bahasa pemrogaman PHP, karena dengan bahasa pemrograman PHP website yang dibuat akan menjadi dinamis. Lalu saya menggunakan database MySQL, karena untuk menyimpan data sekolah, user (pengguna), dan lain-lain kita perlu sebuah databse sebagai wadahnya. Kemudian saya menggunakan Bootstrap, bootstrap merupakan sebuah framework CSS yang dibuat oleh developer Twitter. Dengan bootstrap website yang akan dibuat akan menjadi lebih menarik untuk dipandang, karena bootstrap  sudah menyediakan kumpulan komponen-komponen antarmuka dasar pada web yang telah dirancang sedemikian rup. Selain komponen antarmuka, Bootstrap juga menyediakan sarana untuk membangun layout halaman dengan mudah dan rapi, serta modifikasi pada tampilan dasar HTML untuk membuat seluruh halaman web yang dikembangkan senada dengan komponen-komponen lainnya.
Pada pembuatan website saya menggunakan beberapa software untuk mempermudah dalam pengerjaannya. Software yang pertama adalah notepad++, notepad++  adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman. Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool.
Untuk membuat website diperlukan sebuah web server, disini saya menggunakan web server Apache. Saya menggunakan XAMPP sebagai server web untuk simulasi pengembangan website yang dibuat. XAMPP adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. XAMPP merupakan pengembangan dari LAMP (Linux Apache, MySQL, PHP dan PERL), XAMPP ini merupakan project non-profit yang dikembangkan oleh Apache Friends yang di dirikan oleh Kai ‘Oswalad’ Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002. XAMPP bersifat gratis, karena project ini sebelumnya bertujuan untuk mempromosikan penggunaan Apache web server.
Web browser yang saya gunakan adalah Google Chrome, karena menurut saya google chrome lebih cepat dibandingkan dengan browser lainnya walaupun cukup memakan banyak RAM.

Penjelesan Metode Penulisan
Adapun metode penulisan dilakukan dengan melakukan beberapa penilitian sebagai berikut :
a.  Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode studi pustaka. Studi pustaka adalah pengumpulan dan pengambilan beberapa data yang berasal dari berbagai sumber buku dan internet dimana isi dari sumber-sumber tersebut dijadikan sebagai referensi dan acuan dalam penulisan ilmiah yang saya buat.
b.  Perancangan
Merancang tampilan website, struktur navigasi, diagram use case, diagram activity dan mendesain tampilan halaman web.
c.   Persiapan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Untuk software yang digunakan sudah dijelaskan pada penjelasan software diatas. Untuk hardware yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah processor AMD A8-4500M APU with Radeon™ HD Graphics, VGA AMD Radeon HD 7640G 1GB, RAM DDR3 6GB, dan hardisk 1TB.
d.  Pembuatan
Melakukan pembuatan website berdasarkan persiapan perangkat keras dan lunak dan perancangan yang sesuai dengan ketentuan bahasa pemrograman yang digunakan.
e.  Uji Coba
Cara mengetahui kekurangan dan kelebihan dari website yang telah dibuat.

Kelebihan Aplikasi
Kelebihan pada aplikasi yang dibuat :
1.    Pada website ini saya menggunakan jquery dan javascript. Dengan jquery website yang dibuat akan lebih dinamis dibandingkan hanya menggunakan bahasa pemrograman PHP.
2.    Tampilan menarik, karena saya menggunakan Bootstrap untuk memperindah tampilan halaman website. Dari segi warna website pun tidak terlalu mencolok, agar pengguna nyaman dalam melihat halaman website.
3.    Aplikasi yang dibuat sudah dapat diakses secara online, karena websitenya sudah di hosting.

Persiapan Promosi Aplikasi Untuk Bisnis Informatika

Untuk saat ini saya belum ada rencana untuk mempromosikan aplikasi yang saya buat, karena masih banyak kekurangan dari aplikasi tersebut. Akan tetapi jika saya ingin mempromosikan aplikasi ini, saya akan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan karena aplikasi yang saya buat adalah sebuah website untuk sekolah. Pada umumnya sebelum mempromosikan aplikasi yang dibuat kita harus sudah mempunyai banyak pertimbangan, dengan begitu promosi aplikasi akan berjalan dengan lancar. Persiapan pertama adalah melakukan uji coba aplikasi yang dibuat kepada masyarakat, bagaimana pendapat mereka tentang aplikasi yang dibuat. Untuk uji cobanya dapat dilakukan dengan cara merilis versi gratis aplikasi atau membuat versi demo website. Persiapan kedua adalah dengarkan masukkan dari hasil uji coba, masukkan dari hasil uji coba sangatlah berarti karena sekiranya dapat membuat aplikasi yang saya buat dapat semakin baik dari sebelumnya. Ketiga adalah membuat sebuah website untuk jasa pembuatan website atau mempromosikannya secara online lewat social media. Keempat buatlah koneksi sebanyak-banyaknya, dengan membuat koneksi terhadap orang lain, mungkin saja teman/kerabat kita dapat memberitahu kepada konsumen yang ingin dibuatkan sebuah website untuk sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar