Rabu, 19 Oktober 2016

Tugas 2 (Sub Pokok: Bentuk Usaha)

          PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA #

TUGAS 2
TULISAN MENGENAI BENTUK-BENTUK USAHA



NPM             : 55413951
NAMA           : MUHAMMAD HAMIM
KELAS          : 4IA08



TUGAS :
1.    Beri komentar minimal 2 paragraf.
2.    Lebih baik jika disertai gambar, diagram, table dan diberi penjelasan.
Pada tugas kali ini saya akan mengambil pokok pembahasan mengenai “Regulasi dan prosedur pendirian perusahaan”, dan sub pokok yang saya ambil adalah “Bentuk-bentuk usaha (CV, PT, koperasi). Bentuk usaha yang saya akan bahas adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk..

Sejarah Perusahaan
PT Indofood CBP Sukses makmur Tbk. Merupakan salah satu produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group. Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan Akta No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991, semuanya dibuat dihadapan Benny Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli 1991, serta telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No.12 tanggal 11 Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta.
          Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971. Perusahaan ini mencanangkan suatu komitmen untuk menghasilkan produk makanan bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman, dan halal untuk dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas perusahaan ini untuk menjamin mutu produk yang selalu prima.
Akhir tahun 1980, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. mulai bergerak di pasar Internasional dengan mengekspor mie instan ke beberapa negara ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China, Belanda, Inggris, Jerman, Australia, dan negara-negara di Afrika.
Logo Perusahaan
Logo menggunakan dua warna dasar, yakni merah dan biru, dengan  pencitraan grafis huruf dan warna. Merah melambangkan semangat, dan  biru mencitrakan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Tujuan Pendirian Perusahaan
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah (1) memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis; (2) mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan; (4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi : “Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.

Misi : “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.

Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur organisasi yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah Struktur Unit Bisnis Strategi (SBU) karena indofood mengelompokkan divisi-divisi yang sama ke dalam wewenang dan tanggung jawab untuk setiap unit kepada seorang kepala divisi yang secara langsung memberikan laporan kepada direktur eksekutif. Berikut adalah gambar struktur organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. :



Gambar struktur organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Keterangan struktur organisasi perushaan :

  • Dewan Komisaris

Tugas utama dewan komisaris adalah mengawasi direksi dalam menjalakan kegiatan dan mengelola perseroan.
  • Direksi

Perseroan dipimpin oleh direktur utama yang dibantu oleh delapan anggota direksi lainnya dalam mengelola usaha perseroan. Direktur Utama bertanggung jawab dalam mengembangkan arahan strategis perseroan dan memastikan bahwa seluruh target dan tujuan dapat tercapai.
Komite Audit
Dibentuk dan disusun untuk memenuhi ketentuan dalam peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK No.29/PM/2004). Misi komite audit adalah membantu Dewan Komisaris PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam menjalankan peran pengawasan dengan mengkaji laporan keuangan perseroan
  • Audit Internal

Audit Internal bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektifitas sistem pengendalian internal Indofood, Memastikan bahwa seluruh prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu, Serta memastikan Realibilty informasi operasional dan keuangan serta kepatuhan atas ketentuan dan kebijakan perseroan. Disamping itu,  juga bertanggung jawab kepada direksi dan bertugas untuk melaksanakan audit dan mengawasi operasi perseroan untuk memberikan keyakinan bahwa pengelolaan di semua tingkatan telah dilaksanakan dengan baik. Audit Internal secara berkala disampaikan kepada anggota komite audit direksi.
  • Sekretaris Perusahaan

Sekertaris perusahaan berfungsi sebagai penghubung antara perseroan dengan institusi  pasar modal, pemegang saham, dan masyarakat. Sekertaris Perusahaan juga  bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan pada peraturan dan ketentuan pasar modal, memberikan saran kepada direksi tentang perubahan peraturan serta mengatur  pertemuan direksi.
  • Manajemen Operasional

Setiap manajer operasional bertanggung jawab kepada direksi atas setiap kegiatan operasionla perusahaan, mengkoordinir kegiatan operasional . serta sebagai penentu kebijakan operasional
  • Manajemen Korporasi

Setiap manajer korporasi memiliki fungsi masing-masing sebagai pengelola kegiatan  perseroan. Divisi korporasi meliputi : Pengelolaan keuangan, Controller, Corporate  purchasing, Central marketing dan lain-lain.
  • Investor Relations

Tanggung jawab utama investor relations adalah untuk mengkomunikasikan secara  proaktif kinerja keuangan perseroan maupun informasi lainnya secara konsisten dan transparan kepada analisis maupun investor
  • Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko

Manajemen indofood bertanggung jawab dalam pembentukan dan penerapan  pengendalian internal yang memadai, perkiraan resiko dan pengelolaan resiko melalui sistem yang dirancang untuk memberikan kayakinan yang memadai bagi manajemen dan direksi.

Perkembangan Perusahaan
Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990. berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur. Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971.
PT. Indofood Sukses Makmur terus mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pesebaran distribusi produk  yang dipasarkan. Saat ini, PT. memliki 36 pabrik, lebih dari  10 merek dengan 150 rasa dan tipe distributor yang melayani hampir 150.000 outlet.
PT. Indofood Sukses Makmur cabang Bandung merupakan salah satu bagian dari noodle division, PT. Indofood Sukses Makmur memiliki areal kantor dan pabrik seluas 61.640 m². Cabang Bandung daerah cakupan pemasaran di kabupaten dan kota Bandung, Cimahi, Cikampek, Purwakarta, Subang, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cianjur, Indramayu, dan Sumedang.
PT. Indofood Sukses Makmur TBK cabang Indofood Grup yang bergerak dibidang mie instan merupakan pelopor dalam industri makanan olahan di Indonesia. Saat ini perusahaan menjadi perusahaan pengolahan mie terdepan dan memegang market leader pada masing-masing brand yang dimilikinya.
Komentar Pribadi Tentang Perusahaan
Menurut saya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sudah dapat mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang dikeluarkan produk tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Kemudian PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Isudah melakukan dengan benar cara pendistribusiannya, sehingga sesuai dengan target pasar dan produk yang dihasilkanpun memenuhi dengan minat konsumen. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sudah menambah unggulan-unggulan terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
Dari hasil analisa yang saya dapatkan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk kurang meningkatkan kewaspadaan terhadap produksi mie lain yang gencar malakukan promosi yang sangat agresif. Seharusnya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus melakukan juga promosi yang agresif dan luar biasa, dan membuat harga produknya dibawah dari produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan lain. Sehingga dapat meningkatkan dan menghasilkan produksi yang terbaik. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan konsumen.





DAFTAR PUSTAKA 
URL : https://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/, 20 Oktober 2016.


0 komentar:

Posting Komentar