PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA #
TUGAS
2
TULISAN
MENGENAI BENTUK-BENTUK USAHA
NPM : 55413951
NAMA : MUHAMMAD HAMIM
KELAS : 4IA08
TUGAS
:
1. Beri komentar minimal 2 paragraf.
2. Lebih baik jika disertai gambar, diagram, table dan
diberi penjelasan.
Pada
tugas kali ini saya akan mengambil pokok pembahasan mengenai “Regulasi dan prosedur pendirian
perusahaan”, dan sub pokok yang saya ambil adalah “Bentuk-bentuk usaha (CV, PT, koperasi). Bentuk usaha yang saya
akan bahas adalah PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk..
Sejarah
Perusahaan
PT
Indofood CBP Sukses makmur Tbk. Merupakan salah satu produsen berbagai jenis
makanan dan minuman yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki
oleh Salim Group. Perusahaan ini
didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian
No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan Akta No.249 tanggal 15
November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991,
semuanya dibuat dihadapan Benny Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah
mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan
Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli 1991, serta telah
didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah No.579, 580 dan 581
tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia
No.12 tanggal 11 Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan mengubah namanya
yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur,
berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan
dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny
Kristianto, SH., Notaris di Jakarta.
Pada
awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah perusahaan yang bergerak
dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971.
Perusahaan ini mencanangkan suatu komitmen untuk menghasilkan produk makanan
bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan
gizi, rasa, praktis, aman, dan halal untuk dikonsumsi senantiasa menjadi
prioritas perusahaan ini untuk menjamin mutu produk yang selalu prima.
Akhir tahun 1980, PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. mulai bergerak di pasar Internasional dengan mengekspor mie
instan ke beberapa negara ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China,
Belanda, Inggris, Jerman, Australia, dan negara-negara di Afrika.
Logo Perusahaan
Logo menggunakan dua warna dasar, yakni
merah dan biru, dengan pencitraan grafis
huruf dan warna. Merah melambangkan semangat, dan biru mencitrakan geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan.
Tujuan Pendirian Perusahaan
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. adalah (1) memperluas bidang usaha secara terus menerus
melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis; (2)
mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan;
(4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5)
berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan
masyarakat.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang
merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan
perusahaan.
Visi : “Menjadi perusahaan yang dapat
memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk
dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi
: “Menjadi
perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri
makanan”.
Struktur
Organisasi Perusahaan
Struktur organisasi yang digunakan oleh PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk adalah Struktur Unit Bisnis Strategi (SBU) karena indofood
mengelompokkan divisi-divisi yang sama ke dalam wewenang dan tanggung jawab
untuk setiap unit kepada seorang kepala divisi yang secara langsung memberikan
laporan kepada direktur eksekutif. Berikut adalah gambar struktur organisasi
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. :
Gambar
struktur organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Keterangan
struktur organisasi perushaan :
- Dewan Komisaris
Tugas utama dewan
komisaris adalah mengawasi direksi dalam menjalakan kegiatan dan mengelola
perseroan.
- Direksi
Perseroan dipimpin oleh direktur utama yang dibantu oleh
delapan anggota direksi lainnya dalam mengelola usaha perseroan. Direktur Utama
bertanggung jawab dalam mengembangkan arahan strategis perseroan dan memastikan
bahwa seluruh target dan tujuan dapat tercapai.
Komite Audit
Dibentuk dan disusun untuk memenuhi ketentuan dalam
peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK
No.29/PM/2004). Misi komite audit adalah membantu Dewan Komisaris PT. Indofood
CBP Sukses Makmur Tbk dalam menjalankan peran pengawasan dengan mengkaji
laporan keuangan perseroan
- Audit Internal
Audit Internal bertanggung jawab untuk mengevaluasi
efektifitas sistem pengendalian internal Indofood, Memastikan bahwa seluruh
prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu, Serta
memastikan Realibilty informasi operasional dan keuangan serta kepatuhan atas
ketentuan dan kebijakan perseroan. Disamping itu, juga bertanggung jawab kepada direksi dan
bertugas untuk melaksanakan audit dan mengawasi operasi perseroan untuk
memberikan keyakinan bahwa pengelolaan di semua tingkatan telah dilaksanakan
dengan baik. Audit Internal secara berkala disampaikan kepada anggota komite
audit direksi.
- Sekretaris Perusahaan
Sekertaris perusahaan berfungsi sebagai penghubung
antara perseroan dengan institusi pasar
modal, pemegang saham, dan masyarakat. Sekertaris Perusahaan juga bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan
pada peraturan dan ketentuan pasar modal, memberikan saran kepada direksi
tentang perubahan peraturan serta mengatur
pertemuan direksi.
- Manajemen Operasional
Setiap manajer operasional bertanggung jawab kepada
direksi atas setiap kegiatan operasionla perusahaan, mengkoordinir kegiatan
operasional . serta sebagai penentu kebijakan operasional
- Manajemen Korporasi
Setiap manajer korporasi memiliki fungsi masing-masing
sebagai pengelola kegiatan perseroan.
Divisi korporasi meliputi : Pengelolaan keuangan, Controller, Corporate purchasing, Central marketing dan lain-lain.
- Investor Relations
Tanggung jawab utama investor relations adalah untuk
mengkomunikasikan secara proaktif
kinerja keuangan perseroan maupun informasi lainnya secara konsisten dan
transparan kepada analisis maupun investor
- Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko
Manajemen indofood bertanggung jawab dalam pembentukan
dan penerapan pengendalian internal yang
memadai, perkiraan resiko dan pengelolaan resiko melalui sistem yang dirancang
untuk memberikan kayakinan yang memadai bagi manajemen dan direksi.
Perkembangan Perusahaan
Perusahaan ini didirikan dengan nama
PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus
1990. berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang
dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 Perseroan
mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood
Sukses Makmur. Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah
perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan
pada tahun 1971.
PT. Indofood Sukses Makmur terus
mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pesebaran distribusi
produk yang dipasarkan. Saat ini, PT. memliki 36 pabrik, lebih dari
10 merek dengan 150 rasa dan tipe distributor yang melayani hampir 150.000
outlet.
PT. Indofood Sukses Makmur cabang
Bandung merupakan salah satu bagian dari noodle division, PT.
Indofood Sukses Makmur memiliki areal kantor dan pabrik seluas 61.640 m².
Cabang Bandung daerah cakupan pemasaran di kabupaten dan kota Bandung, Cimahi,
Cikampek, Purwakarta, Subang, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cianjur,
Indramayu, dan Sumedang.
PT. Indofood Sukses Makmur TBK cabang
Indofood Grup yang bergerak dibidang mie instan merupakan pelopor dalam
industri makanan olahan di Indonesia. Saat ini perusahaan menjadi perusahaan
pengolahan mie terdepan dan memegang market leader pada
masing-masing brand yang
dimilikinya.
Komentar Pribadi Tentang Perusahaan
Menurut saya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sudah
dapat mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi
yang dikeluarkan produk tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Kemudian PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk Isudah melakukan dengan benar cara pendistribusiannya,
sehingga sesuai dengan target pasar dan produk yang dihasilkanpun memenuhi
dengan minat konsumen. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sudah menambah
unggulan-unggulan terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas
produk yang ingin dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan
melakukan gebrakan yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang
dipasarkan.
Dari hasil analisa
yang saya dapatkan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk kurang meningkatkan
kewaspadaan terhadap produksi mie lain yang gencar malakukan promosi yang
sangat agresif. Seharusnya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus melakukan juga
promosi yang agresif dan luar biasa, dan membuat harga produknya dibawah dari
produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan lain. Sehingga dapat
meningkatkan dan menghasilkan produksi yang terbaik. PT. Indofood Sukses Makmur
Tbk harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan
konsumen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan
konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
URL : https://adhimasyusuf.wordpress.com/2013/11/12/sejarah-misi-dan-visi-perusahaan-kelebihan-dan-kekurangan-perusahaan/,
20 Oktober 2016.
URL : http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=151043,
20 Oktober 2016.
URL : https://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/,
20 Oktober 2016.
URL : http://www.academia.edu/7332244/Siklus_pendapatan_pt_indofood_cbp_sukses_makmur,
20 Oktober 2016.
0 komentar:
Posting Komentar