PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA #
TUGAS 1
TULISAN MENGENAI BISNIS, TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI, DAN BISNIS INFORMATIKA
NPM : 55413951
NAMA : MUHAMMAD HAMIM
KELAS : 4IA08
TUGAS :
1.
Buatlah tulisan yang membahas tentang definisi umum : Bisnis, TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan
Bisnis Informatika, cantumkan sumber pustakanya.
2.
Pilihlah salah satu Jenis Bisnis Informatika (e-commerce/software
house/consultant) perhatikan bagaimana teknik penjualan perangkat TIK,
pemasangan dan pemeliharaan jaringan komputer dan perangkat TIK lainnya) yang
ada dilingkungan perusahaan tersebut, beri komentar secara pribadi tentang kelebihan dan kekurangan yang ada, cantumkan
sumber pustakanya.
3.
Jelaskan perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan dunia,
cantumkan sumber pustakanya.
Pengertian
Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Bisnis Informatika
Bisnis merupakan sesuatu yang sudah tidak
asing lagi bagi manusia. Bisnis juga dapat diartikan banyak hal tergantung
dengan pemakaiannya. Bisnis dapat dimiliki secara pribadi, tidak untuk profit
atau milik Negara. Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan banyak pengetahuan dan
kerja keras, karena terdapat kegiatan yang sedang berlangsung dalam produksi
nilai bagi seluruh pemangku kepentingan dalam bisnis. Hasil yang diharapkan
dari operasi bisnis adalah untuk memanen nilai dari aset yang dimiliki oleh
bisnis. Aset ini dapat berwujud atau fisik tetapi upaya yang diperlukan untuk
panen adalah apa yang merupakan siklus operasi bisnis. Setelah pemilik bisnis
belajar bagaimana cara meningkatkan nilai perusahaan serta menghasilkan dan
menstabilkan pendapatan, bisnis mereka akan terus meningkat dalam keberhasilan.
Bisnis
dapat merujuk ke organisasi tertentu atau, lebih umum, untuk sector pasar
secara keseluruhan, misalnya “bisnis musik”. Bentuk senyawa seperti agribisnis
merupakan himpunan bagian dari makna yang lebih luas kata, yang meliputi semua
aktivitas oleh pemasok barang dan jasa. Tujuannya adalah untuk penjualan lebih
dari pengeluaran menghasilkan keuntungan. (Sullivan, 2003).
Kata bisnis diambil dari bahasa inggris yaitu
business yang mempunyai kata dasar “busy” yang artinya adalah sibuk. Dengan
artian sibuk tersebut adalah mengerjakan sesuatu aktifitas yang berguna dan
menghasilkan keuntungan berlaku untuk individu, kelompok, dan masyarakat atau
komunitas. Bisnis dalam kamus bisnis didefinisikan sebagai sesuatu organisasi
atau sistem ekonomi dimana barang dan jasa dipertukarkan satu sama lain atau
uang. Setiap bisnis membutuhkan beberapa investasi dan cukup pelanggan untuk
siapa output dapat dijual secara konsisten dalam rangka untuk membuat
keuntungan.
Dari hasil pembahasan diatas dapat
menyimpulkan bahwa bisnis adalah merupakan kegiatan sebuah organisasi yang
memenuhi segala kebutuhan masyarakat dengan membuat barang atau jasa dengan
modal yang cukup untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
Secara singkat sejarah teknologi informasi
(TIK) dapat diuraikan sebagai berikut: Manusia adalah mahluk sosial, di samping
sandang, pangan, dan papan sebagai kebutuhan utamanya, maka sebagai makhluk
sosial manusia membutuhkan komunikasi di antara sesamanya untuk dapat saling
berhubung satu dengan yang lainnya. Awal pertama dengan melukis bentuk
(menggambar) di dinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, surat,
sampai dengan telepon dan internet. Bentuk perkembangan teknologi informasi
yang paling modern dan kini digunakan oleh miliyaran penduduk di seluruh dunia
adalah internet. Internet sebagai wujud hypermedia
yang terus bertumbuh memungkinkan informasi, menggandakan, menyimpan informasi,
dan berkomunikasi dengan orang lain. Internet adalah dunia maya jaringan
komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari miliyaran komputer di seluruh
dunia. (Robby Chandra, 1998).
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyimpan, menyusun, memanipula data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu. (Wawan Wardiana, 2002). TIK merupakan segala bentuk teknologi
yang menunjang penyampaian informasi dan pelaksanaan komunikasi searah, dua
arah, atau bahkan lebih. TIK mencakup didalamnya radio, televise, internet dan
bahkan conference melalui layar
telepon genggam. (Teguh Santoso, 2007). Sedangkan pengertian lain disebutkan,
teknologi informasi dan komunikasi adalah sarana prasarana (hardware, software,
brainware), sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan,
penafsiran, penyimpanan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengoragnisasian,
dan penggunaan data yang bermakna. (Yusufhadi Miarso, 2004).
Dari berbagai macam pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa TIK merupakan seperangkat ilmu, prosedur, program, alat (tool) yang membentuk sebuah sistem
tertentu yang dapat memudahkan kerja manusia.
Selanjutnya adalah
informatika, informatika berkaitan erat dengan teknologi informasi. Informatika (Inggris: Informatics) merupakan
disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun
informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa
macam bidang, termasuk di dalamnya: ilmu
komputer, ilmu
informasi, sistem informasi,teknik
komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari
struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk
mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta
menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari
sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang
tidak dan belum diproses dengan komputer.
Setelah mengetahui tentang
pengertian bisnis, teknologi informasi, dan informatika dapat disimpulkan bahwa
bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau
sekelompok orang (organisasi) yang memiliki suatu nilai dengan tujuan untuk mendapatkan
keuntungan yang dilakukan dengan terkaitnya teknologi informasi pada kegiatan
tersebut.
Dari hasil pembahasan tentang bisnis,
teknologi informasi dan komunikasi (TIK), bisnis informatika dapat disimpulkan
bahwa pada era globalisasi ini bisnis sudah berkembang sangat pesat dengan
menerapkan teknologi informasi di dalamnya.
Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan bisnis informatika di zaman
sekarang ini semakin sangat pesat. Karena di era globalisasi ini banyak kebutuhan
bisnis yang menerapkan teknologi informasi untuk memperoleh keuntungan
sebanyak-banyaknya. Dimana sekarang ini hamper seluruh kegiatan dan pekerjaan
yang dilakukan oleh manusia sudah melibatkan teknologi informasi di dalamnya.
Bisnis di bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan
menjanjikan, karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang
ini, seperti bisnis hardware, software, dan penyedia jasa, dan bisnis jual-beli
online.
Awal mula perkembangan bisnis informatika
yaitu dimulai dengan menjual suatu program DOS pada IBM oleh Bill Gates. Dari
kejadian inilah banyak yang memulai bisnis informatika yang dibutuhkan seiring
dengan kebutuhan perorangan atau perseroan untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan.
Sekarang ini sudah banyak perusahaan-perusahaan
yang bergerak dalam bisnis informatika seperti: Microsoft, apple, sun,
dreamcatcher interactive, dan lain-lain. Bukan hanya perusahaan besar saja yang
sudah ikut serta dalam bisnis informatika, tapi perushaan-perusahaan kecil pun
sudah ikut serta dalam bisnis informatika seperti menjual komponen (software
dan hardware) komputer pada sebuah websitenya, distro online, dan lain-lain.
Bukan hanya perusahaan saja, bahkan perorangan pun sudah banyak yang menjual
barang dagangan mereka secara online. Contohnya saya mempunyai seorang teman
yang menjual aksesoris HP dengan keuntungan yang cukup besar dengan menjual
aksesoris HP tersebut pada store online terbesar di Indonesia. Awal mulanya dia
masih menjual barang dagangannya lewat teman-teman terdekatnya, lalu dia
menjual aksesoris HP tersebut lewat store online terbesar di Indonesia. Seiring
waktu berlalu saat ini dia sudah membangun tokonya sendiri dan memperkerjakan 2
orang karyawan di tokonya tersebut.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia
belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan
dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Binis Informatika di
Indonesia telah tumbuh sebesar 15% setelah krisis ekonomi global pada tahun
2009, oleh karena itu Indonesia akan menjadi Negara yang mempunyai pertumbuhan
di bidang TIK yang sangat besar di kawasan Asia. Perkembangan ini menjadikan
bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah
untuk kedepannya di Indonesia. Contohnya sudah banyak store online di
Indonesia, seperti forum online (kaskus, OLX, Jualo, dan lain-lain), online
mall (Lazada Indonesia, MatahariMall, Bhinneka, Blibli, Zalora, dan lain-lain),
online travel (Traveloka, Tiket, dan lain-lain), market places (Tokopedia,
Bukalapak, Elevenia, Blanja, dan lain-lain), dan masih banyak lagi.
Contoh
Perusahaan Yang Bergerak di Bidang Informatika
Perusahaan yang saya analisa adalah PT. Gamatechno
Indonesia. PT. Gamatechno Indonesia (Gamatechno) adalah manifestasi
kompetensi UGM dibidang Teknologi Informasi yang menggabungkan kompetensi dan
bakat dengan kultur budaya kreatif kota Yogyakarta. Gamatechno menyediakan
solusi total teknologi informasi dengan fokus bisnis pada penyediaan produk
software serta jasa konsultasi, pengembangan dan implementasi sistem yang
memberikan nilai tambah bagi pelanggan dibidang akademik, pemerintahan dan
korporat.
Gamatechno
memulai operasinya pada Januari 2003 dengan nama Gama Technocamp, berkantor di
Sekip N53 sebagai salah satu unit usaha dibawah PT. Gama Multi Usaha Mandiri
yang didirikan oleh Universitas Gajah Mada. Seiring dengan perkembangan bisnis
perushaan, maka Gamatechno secara resmi menjadi PT. Gamatechno Indonesia yang
berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Yogyakarta. Guna
meningkatkan layanan kepada lebih dari 240 klien di seluruh Indonesia yang
tersebut dari Banda Aceh hingga Papua, pada tahun 2013 Gamatechno membuka
kantor cabang di Jakarta.
Corporate
Logo PT. Gamatechno Indonesia
Daun melambangkan pertumbuhan ilmu
pengetahuan dan budaya inovasi. Kilatan cahaya yang melalui daun tersebut
menunjuka semangat untuk selalu menjadi mitra kerja terbaik untuk memberikan
yang paling baik.
Legalitas
PT. Gamatechno Indonesia
Nama
|
PT. Gamatechno Indonesia
|
Alamat
|
Jl. Cik
|
Bidang Usaha
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk
pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, konsultasi, dan pelatihan di
bidang TI
|
No. Telepon
|
+62-274-566161
|
No. Fax
|
+62-274-566160
|
No. NPWP
|
02.369.197.5-541.000
|
Akta Pendirian
|
No. 1/Tgl 04-01-2005, Notaris Sumendro SH
|
Pengesahan
|
No. C-08796 HT.01.01.TH.2005
|
HO
|
No. 503-0337/1234.GK/2005, Jasa TI dan
Komunikasi
|
SIUP
|
15/12-05/PB/V/2005, Perdagangan Barang dan
Jasa
|
TDP
|
120517201161
|
NPWP
|
02.369.197.5-541.000
|
INKINDO
|
A001 3471-1-120599, Bidang Telematika
|
Email
|
info@gamatechno.com
|
Teknik
Penjualan Perangkat TIK pada PT. Gamatechno Indonesia
Seiring
dengan perkembangan perusahaan, saat ini Gamatechno memiliki fokus pada
pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan
tinggi, lembaga pemerintahan, perusahaan penyedia jasa transportasi dan
logistic, serta industri lifestyle. Layanan yang berfokus pada 4 segmen utama
tersebut selanjutnya didefinisikan sebagai gtSmartCity Solution, yaitu solusi
berbasis system dan teknologi informasi guna mewujudkan sebuah kota cerdas
dengan ciri less paper, less time, less cash, dan less complexity untuk
meningkatkan tatanan hidup masyarakat.
Untuk segmen perguruan
tinggi, produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi
terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular
yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi mulai dari pengelolaan
penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus,
pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan
aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga dashboard system
untuk pimpinan kampus.
Untuk segmen lembaga
pemerintah, Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya adalah
gtPerizinan (sistem pengelolaan pelayanan perizinan terpadu), gtAspirasi
(sistem pengelolaan aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem
kolaborasi dan arsip perkantoran). Selain produk-produk tersebut, Gamatechno
juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen
centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web lainnya sesuai
dengan kebutuhan lembaga.
Untuk segmen transportasi
dan logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan bagi perusahaan
atau organisasi yang bergerak dibidang layanan transportasi dan logistik, yaitu
gtFleets (sistem informasi pengelolaan armada), gtSmartTicket System (sistem tiket
elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile
untuk informasi dan layanan transportasi publik).
Pada segmen lifestyle, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen lifestyle ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).
Pada segmen lifestyle, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen lifestyle ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).
Selain pengembangan produk
aplikasi berbasis web, mobile, smartcard dan beberapa teknologi terkini lainnya
yang dikemas dalam gtSmartCity Solution, Gamatechno juga menyediakan jasa
konsultasi IT, audit IT, training IT, serta layanan maintenance sistem dan
agregasi konten digital.
Sebagai perusahaan yang
berbasis perguruan tinggi, Gamatechno memiliki keunggulan kompetitif yang tidak
dimiliki perusahaan lain, yaitu sumber daya dan aset riset yang dimiliki
Universitas Gadjah Mada sebagai dasar pengembangan dan inovasi produk serta
layanan Gamatechno agar tercipta solusi yang tepat guna bagi masyarakat. Dan
untuk melengkapi layanan total kepada pelanggan dan mitra, saat ini Gamatechno
telah memiliki anak perusahaan yaitu PT Aino Indonesia yang bergerak dibidang
teknologi smartcard, RFId, dan Mobile NFC.
Segmen
Pasar PT. Gamatechno Indonesia
Komposisi klien :
·
52% dari
bidang pendidikan tinggi
·
26% dari
bidang pemerintahan
·
Sisanya
dari bidang bisnis
Omset
PT. Gamatechno Indonesia
Dalam sebulan, perusahaan ini minimal memperoleh dua
pesanan pembuatan sistem informasi belum lagi layanan konsultasi IT, instalasi
hardware dan infrastruktur. Rata-rata perolehan omset Gamatechno antara 70 juta
hingga 80 juta per bulan. Dari pendapatan tersebut Gamatechno membuka unit
usaha baru dibawah bendera PT. Inspira Inovasi Indonesia yang fokus layanan
content provider dan competency center.
Komentar
pribadi tentang kelebihan dan kekurangan pada PT. Gamatechno Indonesia
PT. Gamatechno Indonesia memiliki kelebihan dalam
penguasaan teknologi terkini yaitu Smartcard, RFID dan mobile solutions. Untuk
omset atau pemasukan perusahaan, Gamatechno rata rata mendapat keuntungan
antara 70 juta hingga 80 juta per bulannya. Guna meningkatkan layanan
kepada lebih dari 240 klien di seluruh Indonesia yang tersebar dari Banda Aceh
hingga Papua, pada tahun 2013 Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta.
Kekuranganya adalah produk yang dibuat oleh PT. Gamatechno Indonesia masih
hanya di kota-kota tertentu saja dan belum sepenuhnya menyeluruh ke seluruh
kota di Indonesia. Sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa
saja produk yang dibuat oleh PT. Gamatechno Indonesia.
PT. Gamatechno juga memiliki kekurangan pada salah satu
produknya, produk tersebut adalah Sistem gtEnterprise Human Resource (gtHR) dan
Sistem Costumer Relationship Management (SimpleCRM). Kekurangannya adalah pada tampilan struktur
organisasi yang kurang menarik. Sedangkan SimpleCRM adalah aplikasi yang
memudahkan pengelolaan customer, mitra bisnis dan prospek perusahaan,
memberikan pertimbangan kepada eksekutif perusahaan terkait proyek yang ada
dalam perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
Aju
Nitya Dharmani, I Gusti Agung.
(2015). Pengantar Bisnis. Jakarta: AAA
Enterprise.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai
benih teknologi pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Santoso, Teguh. Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran online (Jurnal
Pendidikan PENABUR No. 09/Tahun ke-6/Desember 2007/h. 106).
Wardiana, Wawan. (2002). Perkembangan
teknologi informasi di Indonesia, “ (Makalah Seminar dan Pameran Teknologi
Informasi FT Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM))”.
Kwartolo, Yuli. Teknologi
informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran (Jurnal Pendidikan
PENABUR No. 14/Tahun Ke-9/Juni 2016/h. 16-17).
URL : http://farizkiridwan.blogspot.co.id/2013/10/perkembangan-bisnis-informatika.html, 23 September 2016.
URL : https://jagatrian.wordpress.com/2011/04/14/perkembangan-bisnis-informatika/, 23 September 2016.
URL : http://kumakuma-informatika.blogspot.co.id/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html, 23 September 2016.
URL : http://seftianfajar27.blogspot.co.id/2014/10/profil-perusahaan-yang-bergerak-di.html,
30 September 2016.
0 komentar:
Posting Komentar